Liburan Gratis di Hutan Pinus Suwondo Khas ABG Wonogiri – Wonogiri adalah kabupaten yang terletak 34 km arah selatan Kota Solo. Kota Gaplek adalah sebutan khas kabupaten ini. Seperti halnya tempat lain, Wonogiri memiliki obyek wisata yang bagus.

Wonogiri merupakan satu-satunya kabupaten eks karesidenan Surakarta yang memiliki obyek wisata pantai. (Khusus pantai akan kami buatkan tulisannya).

Sekitar 16 km ke selatan Kabupaten Wonogiri, indahnya hutan pinus kecil menanti. Hutan Pinus Suwondo, begitu kebanyakan orang menyebut tempat ini.

Lokasi Hutan Pinus Suwondo ini berada di Dusun Suwondo, Desa Gumiwang Lor, Wuryantoro. Lokasi persis hutan pinus itu berjarak sekitar 300 meter dari Balai Desa Gumiwang Lor.

Untuk menuju ke hutan pinus ini, pengunjung dapat melewati jalan beton yang kondisinya cukup baik setelah keluar dari Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro. Jalan itu pun cukup baik dilalui kendaraan roda empat.

Sesampainya di hutan pinus, suasanya maknyus dan sunyi menyambut. Sebelum ke hutan yang dibelah jalan rabat beton itu, terdapat semacam tenda mangkrak dan satu bangunan yang mirip lokasi parkir.

Tenda yang mangkrak ini sebelumnya semacam kantin yang menjajakan makanan dan minuman. Berjalan 100 meter dari kantin, banyak ornamen-ornamen untuk spot berfoto pengunjung dalam keadaan tak terawat.

Hutan Pinus Suwondo ramai dikunjungi setelah viral di media sosial. Lokasi ini memiliki suasana tenang, udaranya sejuk, dan lokasinya mudah dijangkau.

Pengunjung memang bisa langsung mengunggah fotonya ke media sosial karena di kawasan itu terdapat jaringan 4G cukup kuat. Untuk menikmati kesejukan hutan pinus itu, Septian dan kawan-kawannya mendapatkannya secara gratis.

Di kawasan belum ada sistem tiket dan tak ada parkir alias gratis. Pengunjung dapat parkir di sepanjang jalan beton, di tanah lapang dengan warung, atau membawa kendaraan ke kawasan hutan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh dinas setempat adalah memperbaiki gazebo yang sudah rapuh, memperbanyak spot untuk swafoto, mengadakan MCK dan menyediakan warung makan agar pengunjung betah di hutan pinus.

Semoga ke depan semakin sukses, aamiin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *